Pemilu Legislatif 2013






Pemilu Legislatif 2014, itulah setidaknya yang saya sadari saat ditengah jalan tidak sengaja berpapasan dengan para rombongan kampanye dari salah satu pertai. Maklumlah, karna tahun ini baru 16 tahun (haa baru??) jadi belum terlalu memperhatikan tentang hal ini. Sekitar 15 partai yang maju dalam Pemilu Legislatif 2014 ini. Namun semakin dekat dan dekat, di televisi dan internet pun sedikit banyak membahas tentang Pemilu Legislatif 2014 sehingga saya pun mengetahui informasi. Mungkin seperti beberapa nama calon dan beberapa nama partai. 

Di pinggir jalan raya bahkan di gang-gang sempit, banyak spanduk-spanduk yang berkaitan dengan sang calon dan di lengkapi dengan beberapa rangkaian kata-kata yang ‘mencoba’ meyakinkan para pemilih. Di internet, banyak sekali bermunculan entah itu berita yang positif maupun negatif. Di televisi, ada iklan-iklan yang lagi-lagi ‘mencoba’ untuk meyakinkan para pemilih.

Ada salah satu acara yang membuat saya tertarik untuk menontonnya (kebiasaan nggak nonto tv siih). Di acara itu, saya mendapati bahwa masih banyaaaak pemilih Indonesia yang tidak mengetahui informasi tentang Pemilu Legislatif 2014 ini.  Dari mulai kapan TPS itu dibuka sampai ditutup, bagaimana cara memilih yang benar antara di ‘contreng’ dan di ‘coblos’, bahkan lebih parahnya masih saja ada pemilih yang tidak mengetahui kapan Pemilu ini dilaksanakan. Prihatin, sangat. Dengan banyaknya peristiwa yang terjadi selama menuju dan ketika Pemilu Legislatif ini dilaksanakan. Kampanye yang menyalahi aturan, perselisihan, dan juga angka golput yang mencapai kurang lebih 30%.

Juga masalah para pemilih yang tidak terlalu mengenal baik bagaimana itu calonnya. Saya rasa ada beberapa orang yang hanya mengetahui si calon dari cerita teman, iklan atau citra yang dimunculkan oleh partainya, bukan benar-benar dari kinerja atau prestasi apa yang pernah ditorehkan oleh si calon itu sendiri.


Hanya berharap bahwa Indonesia dapat lebih baik, tentunya. Berharap bahwa pilihan para pemilih kali ini adalah yang terbaik dalam arti kata yang sebenarnya, bukan baik dalam pencitraan saja. Berharap bahwa Indonesia dapat menjadi tentram dan aman, juga bersama bergerak untuk memajukan negeri kebanggaan, negeri tercinta kita Indonesia ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
라마다니 Blog Design by Ipietoon